AlQurān Sahabat Setia Sepanjang Masa

Abu Umamah Al Bahili berkata, “Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Bacalah AlQurān! Sesungguhnya, dia akan datang pada hari kiamat memberi syafaat kepada sahabatnya.” (HR. Muslim)
Persahabatan adalah hubungan dekat antara dua orang atau lebih. Tidak hanya hubungan yang sudah berjalan lama, dua orang yang baru kenal pun dapat dikatakan telah bersahabat jika telah melakukan interaksi di antara keduanya. Persahabatan merupakan kenikmatan yang senantiasa dicari. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk senantiasa merawat hubungan yang telah dibina tersebut. Bahkan, banyak orang yang rela mengorbankan apa saja demi persahabatan.
Akan tetapi, semaksimal mungkin apapun menjaga persahabatan, jika sudah tiba saatnya untuk berpisah, mereka tidak akan dapat mengelak. Artinya hubungan antara sesama manusia, bagaimana pun akrab dan intimnya, tetap saja ada batas akhirya. Misalnya, mereka berpisah oleh kesibukan masing-masing, waktu yang tersedia bahkan kematian.
Adakah sahabat setia sepanjang masa ?
Allāh telah menyediakan bagi hamba-Nya sahabat yang setia dan abadi. Tidak hanya pada waktu senang, waktu susah pun sahabat itu akan senantiasa bersamanya. Dia tidak akan membiarkan sahabatnya dalam limpahan kenikmatan, kecuali dia ingatkan bahwa kenikmatan tersebut akan berakhir; dan tidak akan membiarkan temannya menderita, kecuali dia berikan harapan bahwa penderitaan tersebut tidak akan berkepanjangan.
Sahabat yang Allāh sediakan tersebut senantiasa menemani hamba-Nya sekaligus melayaninya tanpa pandang bulu. Tidak hanya di dunia, namun juga di akhirat. Dialah AlQurān.

Leave a Reply